PETUAH UNTUK SAHABAT


PETUAH UNTUK SAHABAT

Masa muda yang tidak digunakan untuk membaikkan diri, akan menjadi masa dewasa yang MASIH muda, tetapi yang lemah dan penuh kegelisahan. Hanya dua puluh tahun selepas masa remaja, kita sudah harus membayar biaya mahal dari penelantaran masa muda kita. Perhatikanlah berapa banyak orang dewasa yang sebetulnya masih muda, yang hari ini takut akan masa depannya. Janganlah bereksperimen dengan hidup Anda.

Jangan ijinkan masa lalu menguasai masa kini Anda, karena ia akan juga menguasai masa depan Anda. Janganlah meniru orang yang memilih menikmati penderitaan masa lalu, daripada menikmati keseharian yang ceria dan produktif. Jangan lagi ijinkan penyesalan masa lalu merampas kedamaian Anda dari kehidupan yang sesungguhnya. Hiduplah sepenuhnya hari ini, Anda berhak untuk berbahagia.

Tuhanku, terimalah hatiku yang bersyukur karena kini ku mengerti, jika aku sepenuhnya ikhlas menyerahkan diri dan hidupku kepada-Mu, maka sesungguhnya aku tak lagi memiliki diri dan hidupku sendiri…. Dengannya, diri dan kehidupanku adalah milik-Mu, sehingga Engkau tak akan melupakanku, tak akan membiarkanku sedih, dan pasti akan menyejahterakan dan membahagiakanku. Tuhan, aku ini milik-Mu, bahagiakanlah aku.

Saat Anda marah karena hinaan atau pengkhianatan seseorang, sebelum Anda membalas dan melukai orang itu, pikirkanlah sebentar, …Apakah pembalasan Anda, lebih merugikan Anda atau menguntungkannya? Janganlah turun dan berlaku sama rendahnya. Mungkin dia termasuk jenis orang tak berguna yang harus Anda abaikan. Berfokuslah meneruskan kehidupan dengan jiwa-jiwa yang Anda sayangi dan yang menyayangi Anda.

Pernahkah Anda mengalami ini: Orang yang tadinya sahabat, partner, kekasih, atau pasangan hidup; tetapi setelah berpisah, …mereka kemudian sibuk berbicara dan berupaya merendahkan Anda? Jika ya, damailah Itu adalah cara Tuhan untuk menunjukkan bahwa Anda sangat beruntung tidak terus berhubungan dengan mereka. Marilah kita berdoa agar Tuhan memelihara kita dari kedengkian orang yang berhati dengki.

Sahabat hati saya, Janganlah bekerja keras untuk meyakinkan orang yang tidak meyakini Anda….Bekerja keraslah untuk membuktikan bahwa yang Anda yakini adalah pembaik kehidupan Anda dan kehidupan mereka yang Anda layani. Mulailah dengan membaikkan hidup Anda sendiri. Jika Anda tidak baik bagi diri Anda sendiri, Anda tidak mungkin bisa menjadi baik bagi siapa pun.

Tuhanku, kekasih hidupku. Sekarang aku mengerti, hatiku tak akan pernah merasakan kedamaian jika aku selalu berupaya mengendalikan …semua hal dan dan setiap kejadian dalam hidupku. Jalan indah menuju kedamaian hidupku adalah mengetahui keadaan dan kejadian yang sebaiknya ku abaikan agar aku hanya memikirkan dan mengerjakan yang penting. Tuhan, selalu peliharalah aku dalam pengertian yang mengindahkan hidupku. Amien

Ada orang yang mengumpulkan dan membawa puing-puing kegagalannya di masa lalu, untuk menghalangi perjalanannya ke masa depan. Yang terjadi di masa lalu adalah pelajaran bagi penguatan Anda, dan tidak boleh digunakan sebagai beban dan pelemah upaya Anda hari ini. BERDAMAILAH DENGAN MASA LALU ANDA. … Jadilah pribadi yang damai, jujur, dan bekerja keras bagi masa depan yang baik.

“Orang berharta dari cara yang tidak jujur, di mata manusia yang lemah adalah tokoh teladan, tetapi dalam pandangan Tuhan adalah orang miskin yang besar hartanya adalah penanda besarnya hukuman. Orang miskin harta tetapi tetap jujur dan ikhlas, di mata manusia yang baik adalah tokoh tegar yang harus diteladani, dan dalam pandangan Tuhan adalah orang kaya yang hartanya tidak dimengerti oleh manusia.”

Sahabat saya yang kebaikan hatinya menentukan kebaikan hidupnya, Pengetahuan yang paling dibutuhkan oleh orang yang mengeluhkan rezeki, adalah mengetahui bahwa pikiran, sikap, dan tindakan yang tidak baik PASTI membatalkan rezeki. …Setelah kita lebih patuh, rezeki menjadi sangat logis. Karena, ORANG BAIK, REZEKINYA BAIK.

LANGKAH LANGKAH MENJADI PRIBADI DENGAN REPUTASI BERNILAI

  • Tetapkan nilai dan kualitas yang akan menjadi reputasi kita.
  • Tetapkan sikap dan perilaku yang mewakili nilai dan kualitas pribadi itu.
  • Ikhlaslah untuk berbicara dan berlaku yang menumbuhkan sikap dan kualitas itu dalam diri kita.
  • Bersabar dan jadilah pribadi yang lebih kuat daripada yang menghalangi dalam perjalanan naik itu.

Sahabat saya yang keikhlasannya menentukan kualitas rezekinya, Ikhlas itu sederhana, kita hanya tinggal menerima yang terjadi sebagai perintah untuk memperbaiki diri, dan segera melakukan yang kita ketahui benar. Yang sulit adalah MENINGGALKAN KENYAMANAN dari kebiasaan bersikap dan berlaku yang selama ini tidak mendamaikan dan menguatkan. Super formula: MENUNDA IKHLAS = MELANJUTKAN GELISAH

Sahabat hati saya, Janganlah takut merasa kecewa karena orang lain tidak menghargai kebaikan Anda. Marilah kita takut mengecewakan Tuhan karena menghindari perilaku yang menjadikan kita ORANG BAIK, yang menjadi ALASAN BAGI TUHAN UNTUK MEMPERBAIKI REZEKI KITA…. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama, dan sebaik-baik pembayar adalah Tuhan. Ikhlas is beautiful!

Kedamaian akan menjadi warna hatimu, jika engkau menghentikan pengejaran terhadap kekayaan duniawi untuk membanggakan diri di atas sesamamu. Bersungguh-sungguhlah hidup untuk mengindahkan hati sesamamu, karena hanya dengannya engkau menjadi bernilai dalam pandangan Tuhan. Janganlah kegelisahanmu itu hanya untuk mencapai yang belum kau miliki. Gelisahlah jika engkau belum bermanfaat bagi sesamamu.

Aku berdiri termangu memperhatikan hiruk pikuk khalayak yang mengejar kegemerlapan dan memuja harta sebagai pemeringkat sesama…. Tuhanku Yang Maha Memelihara, Jauhkanlah hatiku dari ketertarikan untuk meniru jalan yang gemerlapnya menipu, damaikanlah jiwaku dalam keindahan kasih sayang, kejujuran, dan penghormatan kepada sesama dan alam. Bebaskanlah aku dari pengejaran yang tidak mendekatkanku kepada-Mu. Amien

Jika engkau ingin keluar dari rasa marah dan gelisahmu, janganlah kau kobarkan iri di hatimu saat kau lihat orang lain lebih mampu darimu…. Janganlah bicara getir dan semena-mena menuduhkan ketidak-adilan kepada mereka, dan menyalahkan semua yang tak kau mengerti sebagai penyebab deritamu. Sudah baikkah dirimu? Ikhlaskanlah dirimu untuk menjadi pribadi baik yang mudah dibaikkan hidupnya oleh Tuhan.

Lihatlah cakrawala langit itu sahabatku. Tahukah kau darimana datangnya hujan? Air yang terdapat pada bumi diserap oleh langit. Ia terkumpul menjadi awan dan kemudian jatuh kembali ke bumi dalam bentuk hujan. Bagaimanapun, proses ini tidak terjadi setiap waktu.

Kau tidak bisa bergantung pada hujan, sahabatku. Kau selalu membutuhkan air untuk minum, betulkah? Tapi bisakah kau selalu bergantung dari air hujan yang turun dari langit? Akankah dengan menatap langit dapat menghilangkan dahagamu? Adayang harus kau ingat, tidak selamanya hujan turun disaat dahaga mendatangimu. Kau tidak mungkin berharap air turun dari langit ketika kau menginginkannya.

Sekarang lihatlah tanah ini sahabatku. Selalu tersedia air di dalamnya. Jika kau gali tanahnya dan engkau akan menemukan mata air, kau bisa meminum sepuasnya dan menikmatinya sesuka hatimu. Sudah mengertikah kau sahabat?

Untuk itu, jangan selalu berharap dari langit. Kau harus berusaha dan menggali jauh ke dalam tanah untuk mendapatkan airmu.

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan

Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah

Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan

Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil.

Kita hanya dekat dengan mereka yang kita
sukai. Dan seringkali kita menghindari orang
yang tidak tidak kita sukai, padahal dari dialah
kita akan mengenal sudut pkitang yang baru.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan.

Jangan menolak perubahan hanya karena kita
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya kita merendahkan nilai yang bisa
kita capai melalui perubahan itu.

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
kita tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap kita salah.

Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda.

Kita tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
kita berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama kita. kita akan disebut baru, hanya bila
cara-cara kita baru.

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, kita akan
punya kesempatan untuk bersikap berani.

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. kita akan menjadi lebih damai bila yang
kita pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian kita dapat.

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan.

Bila kita belum menemukan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat kita, bakatilah apapun pekerjaan
kita sekarang. Kita akan tampil secemerlang
yang berbakat.

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai.

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan.

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,kita akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin kita capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila kita mencari uang, kita akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang
baik, maka kitalah yang akan dicari uang.

Waktu mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalannya waktu,

Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, sedangkan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya.

Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.

Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.

Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya, tetapi tidak keras kepala.

Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, anda tentu tak akan kecewa.

Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja.

Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita, tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja.

Melihatlah ke atas untuk urusan akhiratmu dan melihatlah ke bawah untuk urusan duniamu maka hidup akan tenteram.

Seseorang yang oprimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.

Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya.

Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.

Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang tiada jemu dan lelah.

Orang besar menempuh jalan kearah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat.

Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri.

Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna.

Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain.

Jika seseorang tidak mencintai anda janganlah dia anda benci, karena mungkin akan tumbuh benih cinta kembali.

Cinta akan menggilas setiap orang yang mengikuti geraknya, tetapi tanpa gilasan cinta, hidup tiada terasa indah.

Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang yang akan mengangkat anda dalam kehidupan.

Perjuangan seseorang akan banyak berarti jika mulai dari diri sendiri.

Jika rasa cinta terbalas, maka bersyukurlah karena Allah telah memberikan hidup lebih berharga dengan belas Kasih-Nya.

Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukkan kemampuan Anda.

Tegas berbeda jauh dengan kejam. Tegas itu mantap dalam kebijaksana sedangkan kejam itu keras dalam kesewenang-wenangan.

Jika rasa cinta itu tak terbalas maka bersukurlah, karena anda akan dipilihkan Allah yang lebih baik.

Watak keras belum tentu bisa tegas, tetapi lemah lembut tak jarang bisa tegas.

Sifat orang yang berlilmu tinggi adalah merendahkan hari kepada manusia dan takut kepada Alloh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s