SISTEM TRANSMISI DATA


SISTEM TRANSMISI DATA

Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Sistem Komunikasi Data

Dosen Pengampu : Masduki,MSi

 

Disusun Oleh :
SINGGIH PRABOWO
A 410 070 059

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011

KATA  PENGANTAR

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Segala ucap syukur alhamdulillah kepada ALLAH S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya sehingga Penulis bisa menyusun makalah ini yang berjudu “Sistem Transmisi Data “.

Makalah ini dibuat sebagai salah satu kelengkapan portofolio sebagai tugas mata kuliah Sistem Komunikasi Data.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Penulis berharap semoga dengan disusunnya makalah ini akan memberikan manfaat bagi Penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Penulis menyadari pasti ada kekurangan dan kelemahan yang terdapat pada makalah ini karena keterbatasan pengetahuan yang Penulis miliki. Untuk itu, penyusun terbuka terhadap kritik dan saran sehingga bisa menambah kesempurnaan dan memberikan kami tambahan pengetahuan.

Wassalamu’alaikum wr.wb

BAB I

PENDAHULUAN

Seiring meningkatnya tuntutan manusia akan kemudahan mendapatkan kebutuhan, maka berbagai usaha akan di tempuh dengan penerapan ilmu dan teknologi, usaha tersebut semakin mudah dilakukan ketika manusia mampu mengembangkan ilmu dan teknologi.

Berbagai masalah yang dapat dijadikan implementasi adalah dari ilmu dan teknologi, salah satunya dalam hal tenaga penggerak pada suatu alat mesin, penggunaan tenaga penggerak yang dari asal menggunakan tenaga manusia atau binatang dirasakan kurang efisien, maka digantilah tenaga penggerak yang lebih praktis dan dituntut ekonomis yaitu dengan menggunakan tenaga mesin. Dari pergantian ini diharapkan hasil yang diperoleh lebih baik dalam hal kualitas dan kuantitasnya, apabila kedua aspek telah terpenuhi maka produksi serta pendapatan akan meningkat.

Proses produksi telah menjadi tinjauan yang penting dalam suatu industri, pemakaian mesin penggerak dalam suatu kegiatan industri menjadi hal pokok yang sangat berpengaruh pada kelangsungan dan kemajuan proses produksi, beberapa hal yang nampak mencolok dari hasil produksi yang memakai tenaga mesin penggerak antara lain: kualitas dan kuantitas tinggi, dalam segi tenaga kerja atau operator dapat terkurangi, dalam segi waktu pengerjaan lebih cepat dan kebersihan relatif baik dengan demikian penggunaan mesin pada tenaga penggerak membuat kegiatan industri akan berkembang pesat dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.

 


BAB II

PEMBAHASAN

1.   PENGERTIAN TRANSMISI

Transmisi Adalah pergerakan informasi melalui sebuah media telekomunikasi. Transmisi memperhatikan pembuatan saluran yang dipakai untuk mengirim informasi, serta memastikan bahwa informasi sampai secara akurat dan dapat diandalkan.

DATA

  • Data, Entitas yang melambangkan suatu pengertian
  • Data Analog Nilai kontinu di dalam beberapa interval, Contoh: Suara, video
  • Data Digital,  Nilai diskrit. Contoh: teks, bilangan bulat

SINYAL

    • Suatu cara untuk menjalarkan/ mempropagasikan data
    • Analog. Variabel yang kontinu. Medium yang bervariasi
    • Kabel tembaga, serat optik, udara
    • Digital. Menggunakan 2 nilai arus listrik searah DC

Data & Sinyal

    • Umumnya menggunakan sinyal digital utk data digital dan sinyal analog utk data analog
    • Sinyal analog untuk membawa data digital : Modem
    • Sinyal digital untuk membawa data  analog. Compact Disc Audio

2.  TRANSMISI ANALOG DAN DIGITAL

a. Transmisi Analog

  • Sinyal analog ditransmisikan tanpa memperhatikan isinya
  • Data dapat berupa data analog atau digital
  • Terdapat redaman yang berbanding lurus dengan jarak
  • Menggunakan amplifiers untuk memperkuat sinyal à noise/derau juga ikut dikuatkan

b. Transmisi Digital

  • Memperhatikan isi data
  • Integritas terancam oleh noise/derau, redaman dan lainnya
  • Menggunakan pengulang / repeaters
  • Repeater menerima sinyal, mengekstrak pola bit,dan kemudian ditransmisikan kembali
  • Dengan demikian, redaman dapat diatasi namun noise/derau tidak dikuatkan.

c. Perbandingan Transmisi Analog dan Digital Analog

Transmisi Analog

  1. Rentan terhadap Noise
  2. Signal yang diterima diproses dengan diulang dan diamplifikasi.
  3. Mudah terjadi crosstalk
  4. Bentuk sinyal kontinyu.
  5. Kualitas signal diukur dalam satuan S/N (Signal To Noise Ratio)

Digital Analog

  1. Tahan terhadap Noise
  2. Proses regenerasi dilakukan bagi signal yang diterima.
  3. Bebas cross talk
  4. Bentuk signal diskrit (discrete)
  5. Kualitas signal diukur dalam BER (Bit Error Rate)

Keuntungan Transmisi Digital

  • Teknologi digital, murah (LSI, VLSI)
  • Data integrity, Jarak lebih panjang melalui saluran kualitas rendah
  • Capacity utilization. Ekonomis untuk link dengan bandwidth tinggi. Multiplexing untuk derajat yang tinggi lebih mudah  pada teknologi digital
  • Security & privacy, Encryption
  • Integration.  Perlakuan sama untuk data analog maupun digital

3. GANGGUAN DALAM TRANSMISI

  • Sinyal yang diterima dapat berbeda dari sinyal yang dikirim
  • Pada sistem transmisi analog terjadi degradasi/penurunan kualitas sinyal
  • Pada sistem transmisi digital terjadi kesalahan bit (bit errors)
  • Hal-hal tersebut disebabkan oleh

–  Redaman atau distorsi redaman

  1. Redaman (Attenuation) adalah fungsi yang meningkat dari frekuensi
  2. Kekuatan sinyal menurun sejalan dengan jarak dan tergantung dengan media transmisi yang digunakan
  3. Kekuatan sinyal yang diterima harus mencukupi untuk dideteksi dan harus cukup tinggi dari derau untuk dapat diterima tanpa kesalahan

–  Distorsi delay

Terjadi hanya di media transmisi terbimbing (guided media) misalnya kabel tembaga. Kecepatan propagasi bervariasi dengan frekuensi

 

4. FIBER OPTIK SEBAGAI MEDIA TRANSMISI DATA

Tiga dekade belakangan ini, telah dikembangkan sebuah teknologi baru yang menawarkan kecepatan data yang lebih besar sepanjang jarak yang lebih jauh dengan harga yang lebih rendah daripada sistem kawat tembaga. Teknologi baru ini adalah serat optik, serat optik menggunakan cahaya untuk mengirimkan informasi (data). Cahaya yang membawa informasi dapat dipandu melalui serat optik berdasarkan fenomena fisika yang disebut total internal reflection (pemantulan sempurna). Secara tinjauan cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, informasi dibawa sebagai kumpulan gelombang-gelombang elektro-magnetik terpandu yang disebut mode. Serat optik terbagi menjadi 2 tipe yaitu single mode dan multi mode. Secara umum system komunikasi serat optik terdiri dari : transmitter, serat optik sebagai saluran informasi dan receiver. Pada transmitter terdapat modulator, carrier source dan channel coupler, pada saluran informasi serat optik terdapat repeater dan sambungan sedangkan pada receiver terdapat photo detector, amplifier dan data processing. Sebagai sumber cahaya untuk sistem komunikasi serat optik digunakan LED atau Laser Diode (LD)

Keuntungan Sistem Serat Optik

Mengapa sistem serat optik dikatakan merevolusi dunia telekomunikiasi ? ini karena dibandingkan dengan sistem konvensional menggunakan kabel logam (tembaga) biasa, serat optik memiliki :

  1. Less expensive – Beberapa mil kabel optik dapat dibuat lebih murah dari kabel tembaga dengan panjang yang sama.
  2. Thinner – Serat optik dapat dibuat dengan diameter lebih kecil (ukuran diameter kulit dari serat sekitar 100 µm dan total diameter ditambah dengan jaket pelindung sekitar 1 – 2 mm) daripada kabel tembaga, dan juga karena serat optik membawa light (cahaya) maka tentunya memiliki light weight (berat yang ringan). Maka kabel serat optik mengambil tempat yang lebih kecil di dalam tanah.
  3. Higher carrying capacity – Karena serat optik lebih tipis dari kabel tembaga maka kebanyakan serat optik dapat dibundel ke dalam sebuah kabel dengan diameter tertentu maka beberapa jalur telepon dapat berada pada kabel yang sama atau lebih banyak saluran televisi pada TV cable dapat melalui kabel. Serat optik juga memiliki bandwidth yang besar ( 1 dan 100 GHz, untuk multimode dan single-mode sepanjang 1 Km).
  4. Less signal degradation – Sinyal yang loss pada serat optik lebih kecil ( kurang dari 1 dB/km pada rentang panjang gelombang yang lebar) dibandingkan dengan kabel tembaga.

Aplikasi Fiber Optik (FO) dalam kehidupan sehari-hari

  1. Dipakai dalam dunia penyiaran televisi dimana sinyal siaran diubah dalam bentuk digital dan dikirimkan melalui kabel FO yang dipasang pada studio TV. Dengan demikian penggunaan FO sangat efektif karena menghemat tempat penyimpanan kabel dalam gedung studio TV, tahan terhadap gelombang elektromagnetik sehingga informasi aman dan yang terpenting mampu menyimpan sejumlah besar informasi siaran
  2. Dipakai untuk aplikasi LAN (Local Area Network) yang lebih efektif dan mempunyai kapasitas yang besar terutama untuk sekolah, rumah sakit, kantor,
  3. Dipakai dalam teknologi telepon kabel karena FO memungkinkan terbentuknya jaringan yang sangat luas dalam dunia komunikasi dan sistem informasi sehingga peralihan dari kabel tembaga ke FO akan membawa perubahan pada masyarakat dalam mengakses informasi dengan cepat.
  4. Dipakai untuk mengembangkan saluran FO bawah airUpaya ini merupakan terobosan baru bagi dunia komunikasi karena memberikan peluang bagi benua lain untuk mendapatkan akses data yang cepat dari suatu tempat yang terpisah oleh samudera.
  5. Dipakai untuk memperlancar transmisi satelit yang seringkali mengalami gangguan dalam penerimaan informasi di permukaan bumi. FO dipakai sebagai relay pada alat-alat komunikasi di bumi yang dapat mengirimkan data dalam jumlah besar dengan cepat.
  6. Di dalam dunia kedokteran, kabel FO dipakai untuk operasi dengan menggunakan laser dan juga dipakai sebagai bahan fiberscope, yaitu alat untuk melihat organ-organ pada tubuh manusia tanpa melakukan pembedahan.
  7. Sedangkan dalam dunia industri, FO dipakai sebagai sensor yang memonitor struktur fisik material yang berbeda-beda. Dalam hal ini, FO dipasang pada material misalnya pada bahan pesawat terbang bahkan pada bahan pesawat luar angkasa., sehingga sekecil apapun kerusakan material pada perangkat tersebut dapat dideteksi oleh para ilmuwan dari bumi. Perkembangan dan

BAB III

PENUTUP

Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).

Teknologi serat optik menawarkan kecepatan data yang lebih besar sepanjang jarak yang lebih jauh dengan harga yang lebih rendah daripada system konvensional menggunakan kawat logam (tembaga)

DAFTAR PUSTAKA

http://viamol.blogspot.com/

http://www.digilib.ui.edu/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=91296&lokasi=lokal

http://yulian.firdaus.or.id/2006/11/21/fiber-optic/#comment-38648

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s