HAK ASASI MANUSIA


HAK ASASI MANUSIA

A. Pengertian

Hak asasi manusia adalah hak yang seharusnnya diakui secara universal sebagai hak yang melekat pada setiap manusia karena hakekat dan kodrat kelahiran manusia itu sebagai manausia. Dikatakan melekat karena hak-hak itu dimiliki oleh siapapun manusia berkat kodrat kelahirannya sebagai manusia dan bukan karena pemberian siapapun,dan karena tidak dapat dicabut atau dirampas oleh siapapun termasuk negara

B. Sejarah HAM

Pengaruh ajaran agama nasrani sebagai agama tertua mengajarkan prinsip hidup bersama itu cinta kasih” atau paham humanisme” jaran ini menghendaki manusia saling mencintai dan mengasihi sesama sehinga tidak boleh terjadi saling rampas hak asasi masing-masing Mulai dari awaal abat 6 (622 M) agama Islam sudah merupakan agama yang menjadi pelopor untuk penegak hak asasi manusia Magna carta (1215). Magna carta lahir karenadisahkan bangsawan terhadap raja Inggris Jhon I yang secara sepihak, semaunya menarik pajak Eksesif. Magna carta sejak1215 kemudian berlanjut tahun 1216,1217 dan 1225 mengatur beberapa ketentuan yang kemudian dikenal sebagai HAM . Pemikiran para Filsuf pada abad 18 mulai mempertanyakan ke absahan kekuasaan para Monarkh yang absolut berikut wawasan tradisionalnya yang amat diskriminatif perbudakan. Deklarasi kemerdekaan amerika serikat (1776) merupakan dokumen yang amat refolusioner untuk ukuran jamannya terutama menyangkut HAM. 10 tahun kemudian konstitusi AS ditandatangani 1787 yang merupakan konstitusi pertama dari suatu bentuk pemerintahan dalam kehidupan negara modern guna menjaga hak asasi warga negara, pemisahan kekuasaan dalam tiga lembaga sesuai ajaran triaspolitica dmontesuquieu yaitu legislatife esekutife dan judikatife. Empat tahun kemudian kontitusi AS diiamandemen. Deklaration desdroid di’home at do citoyan 1789. Diperancis terjadi pergolakan mengenai pemikiran HAM sehingga muncul revollusi kerakyatan yang meruntuhkan kekuesaan Ancien regime dari dinasti boubon dengan meproklamirkan Deklaration desdroid di’home at do citoyan. Konstitusi ini memberikan jaminan kebebasan dan hak para citoyen yang kemudian dijabarkan kedallam undang-undang 1804 yang dikenal dengan kodifikasi Napoleon.

C.Generasi HAM

Hak bangsa-bangsa, meliputi:

1. The right to self determination (hak untuk menentukan nasib sendiri)
2. The right to own, trade, and dispose of their property freely, and not be deprived of their
3. means of subsistence (hak untuk mengelola sumber daya alam secara bebas dan untuk
tidak dirampas sumber penghidupannya).

Hak atas pekerjaan
1. Hak untuk menikmati kondisi kerja yang adil dan baik (pasal 7)
2. Hak untuk memilih secara bebas atau menerima suatu pekerjaan (pasal6)

Hak-hak buruh
1. Hak atas upah yang layak (pasal 6)
2. Hak atas pemberian upah yang layak untuk hidup (pasal 7a)
3. Hak untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja (pasal 8)
4. Hak untuk melakukan pemogokan (pasal 8 dan 1d)

Hak-hak sosial

      1. Kehidupan yang layak hak uuntuk mendapatkan standart kehidupan yang layak. (Hak atas standar kehidupan yang layak : pasal 11 ayat 1, Hak atas kecukupan pangan : pasal 11 ayat 1, Hak atas pemukiman : pasal 11 ayat 1, Hak untuk terbebas dari kelaparan : pasal 11 ayat 2, Hak atas jaminan sosial : pasal 9)
      2. Hak atas keluarga, ibu dan anak (Hak atas keluarga, ibu dan anak-anak : pasal 10, Hak atas perlindungan terhadap keluarga : pasal 9, Hak atas kesehatan fisik dan mental : pasal 12)
      3. Hak-hak budaya (Hak atas pendidikan : pasal 13 , Hak untuk mendapatkan wajib belajar tingkat dasar : pasal 14)

D. Klasifikasi HAM

Hak asasi negatif/liberalNYaitu asasi yang diperjuangkan oleh kaum liberalisme, untuk melindungi kehidupan pribadi dari campurtangan pemerintah dan kekeutan-kekuatan sosial lainnya.

Hak asasi aktif atau demokratis Yaitu hak untuk ikut menentukan arah perkembangan masyarakat dalam hal negara, adalah hak semua anggota masyarakat untuk menentukannya

Hak asasi positif Yaitu hak rakyat untuk meminta atau menagih, menuntut prestasi tertentu dari negara, yaitu berupa pelayanan negara kepada rakyat, terutama sesuatu dengan janji dari para pejabat negara.

Hak asasi sosial Yaitu hak ekonomi, social dan budaya yang tertuang dalam konvenan internasional tentang hak ekonomi, social, dan budaya.

Hak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupan (ps 28.a)

  1. Hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan melalui keluarga dengan perkawinan yang sah (ps 28b ayat 1)
  2. Hak kelangsungan hidup dan tumbuh berkembang,hak perlindungan dari kekerasan dan diskrimnasi (ps 28b ayat 2)
  3. Hak mengembangkan dirimelalui kebutuhan dasarnya,mendapatkan pendidikkan dan memperoleh manfaat dari iptek,seni,budaya (ps 28c ayat1)
  4. Hak untuk memasukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negerinya (ps 28c ayat 2)
  5. Hak atas pengakuan,jaminan, perlindungan dan epastian hukum yang adil serta perlakuan yang sma di hadapan hukum (ps 28d ayat 1)
  6. Hak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja (ps 28d ayat2)
  7. Hakselaku warga negara untuk memperoleh kesempatan yang samam dalam pemerintahan (Ps 28d ayat 3)
  8. Hak atas setatus kewarganegaraan (ps28d Ayat 4)
  9. Hak untuk bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih : pendidikan dan pengajaran,, pekerjaan, kewarganegaraan, tempat tingal diwilayah negara dan meningalkannya serta kembali (ps28e ayat 1)
  10. Hak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyataan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya(ps. 28e ayat2)
  11. Hak ats kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat (ps.28e ayat 3)
  12. Hak berkomunikasi dan memperoleh, menggunakan informasi melalui segala jenis saluran yang tersedia (ps.28f)
  13. Hak atas perlindungan pribadi, keluarga, kehormatan, martabat,dan harta benda yang di bawah kekuasaan, serta rasa aman, perlindungan dari ancaman ketakutan (ps.28g ayat 1)
  14. Hak bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat, martabat kemanusiaan, dan memperoleh suaka politik dari negara lain (ps.28g ayat 2)
  15. Hak untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal,dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta memperoleh pelayanan kesehatan (ps.28h. ayat 1)
  16. Hak untuk memperoleh kemudahan dan perlakuan kusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan (ps28h ayat 2)
  17. Hak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan diri secara utuh sebagai manusia yang bermatabat (ps 28h ayat 3)
  18. Hak untuk mempunyai hak milik pribadi dan tidak boleh di ambil alih secara sewena-wena oleh siapapun (ps 28h ayat 4)
  19. Hak untuk hidup tidak disiksa kemerdekaan pikiran dan hati nurani beragama, untuk tidak diperbudak, untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, untuk tidak dituntut atass dasar hukum yang belaku surut (ps 28i ayat 1)
  20. Hak untuk bebas dari perlakuan yang bersikap diskriminasi atas dasar apapun, dan untuk mendapakan perlindungan terhadap perlakuan yang diskriminatif itu.(ps 28i ayat 2)
  21. Hak untuk dihormati identitas budaya masyarakat tradisional selaras dengan perkembangan jaman dan peradaban (ps 28 i ayat 3)

Perlindungan dan penegakan hak asasi manusia

  1. Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan ham adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah (ps 28i ayat 4)
  2. Penegakan dan perlindungan ham agar sesuai dengan prinsip-prinsip negara hukum yang demokratis, maka pelaksanaan ham dijamin, diatur, dan dituangkan dalam peraturan perundang-undangan 9ps 28i ayat 5)

Kewajiban dalam hak asasi manusia

  1. Setiap orang menghormati ham orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (ps. 28j ayat 1)
  2. Dalam melaksanakan hak dan kebebasaan setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan dengan undung-undang (ps 28j ayat 2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s