DEKLARASI JUANDA


Deklarasi Juanda merupakan suatu “Defined Territory” bagi bangsa Indonesia dalam bentuk negara kepulauan atau Archipelagic State. Peristiwa itu sekaligus pula menandaipuncak keberhasilan perjuangan politik bangsa Indonesia di mata dunia dalam mengukuhkan satu kesatuan wilayah kedaulatan negara kesatuan RI. Untuk memperingati peristiwa tersebut, pemerintah semenjak tanggal 13 Desember 2001 telah menetapkan sebagai hari Nusantara. Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Sunanto, S.E ketika bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Nusantara tahun 2008, di Lapangan Apel Denma Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/12).

Hari Nusantara menurut Kasal lebih lanjut, memiliki makna yang dalam bagi bangsa Indonesia, untuk senantiasa memiliki kesadaran nasional akan jati diri sebagai bangsa bahari, yang pernah mengalami era kejayaan maritim dimasa lampau, serta memiliki kesadaran nasional untuk berupaya meraih kembali kejayaan tersebut.

Pada bagian lain dalam amanatnya kasal mengatakan, bahwa laut bagi bangsa Indonesia memiliki makna yang sangat penting disamping sebagai media pemersatu bangsa, laut juga merupakan media perhubungan dan media penggalian sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa, serta sebagai media pertahanan yang berkaitan dengan upaya mencegah dan menjadikan setiap bentuk kerawanan dan gangguan yang berimplikasi terhadap stabilitas keamanan nasional. Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, S.E, Upacara peringatan hari Nusantara diikuti segenap warga Mabesal baik Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil. Serta peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang  keberadaan Deklarasi Juanda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s