SDA dan LINGKUNGAN


Sumber  Daya Alam dan Lingkungan

A. Sumber Daya Alam dan LIngkungan Hidup

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk lebih memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, Sumber daya ini dapat diushakan kembali keberadaannya sehingga dapat dimanfaatkan secara terus-menerus.contoh .air, tanah, hewan, dan tumbuhan.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, Sumber daya ala mini tidak dapat diperbaharui. Contoh,logam, minyak bumi dan batubara.

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibedakan menjadi :

  1. Sumber daya alam hayati, Sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Contoh, hasil pertanian dan peternakan.
  2. Sumber daya alam non hayati, Sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup. Cotoh,air, tanah, hasil tambang.

B.  Konsep Pemanfaatan Smber Daya Alam

Sangatlah penting melakukan inventarisasi dan evaluasi sumber daya alam agar dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam tersebut, baik sunber daya alam maupun nonhayati lebih hati-hati dan yang sangat diperlukan dalam pembangunan.pemanfaatan tanah agar betul-betul dapat membantu meningkatkankesejahteraan rakyat dalam rangka mewujudkan keadilan social. Dengan arti kata, penggunaan teknologi untuk mengelola sumber daya alam harus dapat member manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat, dengan tetap memperhatikan keseimbangan dan kelestariannya, sehingga tetap memberikan manfaat bagi generasi-generasi berikutnya.. Sumber daya alam sebagai modal dasar dalam pembangunan, memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat banyak dengan cara-cara yang tidak  menimbulkan kerusakan. Cara-cara yang digunakan hendaknya dapat memelihara dan mengembangkan potensi sumber daya a;lam tewrsebut, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besardalam menunjangpembangunan yang lebih lanjut.

C. Masalah Kependudukan dan Lingkingan Hidup

Masalah akibat meningkatrnya jumlah penduduk yang trak kalah penting untuk dicermati adalah pencemaran. Bagaimana tidak ? setiap saat dalam setiap harinya manusia mengeluauarkan limbah yang mengakibatkan pencemaran. Suatu zat yang dapat disebut sebagai polutan jika jumlahnya melebihi normal, berada ditempat yang tidak tepat, dan pada waktu yang tidak tepat. Polutan itu dapat merusak dalam waktu lama atau dalam waktu sementara.

Menurut Sastrawijaya (1991), polutan dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Zat pencemar yang bersifat kuantitatif, Misalnya : karbon dioksida, pospor, dan nitrat.
  2. Zat pencemar yang bersifat kualitati, Misalnya : pestisida, deterjen, dan pupuk buatan.

Berdasarkan sifat zat pencemarnya, dapat dibedakan menjadi :

  1. Pencemaran Fisik, Yang disebabkan oleh zat-zat yang berwujud padat cair, maupun gas. Misalnya, pencemaran akibat limbah plastic.
  2. Pencemaran kimiawi, Disebabkan oleh zat-zat kimia. Misalnya, pencemaran yang terjadi akibat pemakaian pestisida.
  3. Pencemaran biologis, Disebabkan oleh makhluk hidup. Misalnya,bakteri tertentu yang menyebabkan pencemaran pada badan air, yang menyebabkan manusia diare.

Berdasarkan tempat terjadinya, dibedakan menjadi :

  1. Pencemaran udara, Dapat disebabkan karena factor alam maupun karena campur tangan manusia.contoh factor alam yaitu letusan gunung berapi yang dapat mengeluarkan gas maupun debu yang berbahaya.
  2. Pencemaran air, Pencemaran air merupakan masuknya bahan pencemar yang melebihi  batas ke badan air, seperti sungai, laut, atau sumur. Pencemaran air dapat disebabkan dari limbah rumah tangga, kegiatan pertanian.
  3. Pencemaran tanah, Pencemaran ini menyebebkan kerusakan pada tanah, misalnya menurunkan tingkat kesuburan pada tanah dan sebagainya.pencemaran ini dapat diakibatkan oleh pembuangan bahan pencemar yang tidak gradble (tidak dapat diuraikan mikroorganisme tanah),misalnya kaca ,plastic dan sebagainya.

Selain tiga macam pencemaran tersebut diatas, juga terdapat pencemaran yang diakibatkan suara yang begitu bising, yang disebut dengan pencemaran suara.pencemaran suara terjadi jika terdapat bunyi gaduh dengan kekuatan diatas 50 dB/decibel. Pencemaran lingkungan,terutama akibat dari kegiatan manusia mengakibatkan berbagai dampak buruk, baik bagi manusia, makhluk hidup lain, maupun bagi lingkungan.berikut beberapa contoh akibat dari pencemaran lingkungan :

  1. Keracunan dan penyakit, Pencemaran udara dapat mengakibatkan keracunan maupun penyakit pada paru- paru manusia.
  2. Punahnya spesies, Adanhya polutan di biota darat maupun air dapat menyebabkan jenis hewan tertentu mengalami keracunan, kemudian mati.
  3. Terjadinya efek rumah kaca dan terbentuknya lubang ozon, Penggunaan CFC yang berlebihan maupun pencemaran dari proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor dapat menyebabkan terbentuknya lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca, yang akan sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  4. Gangguan keseimbangan lingkungan, Punahnya spesies tertentu tentunya dapat mengubah pola interaksi didalam suatu ekosistem seperti rantai makanan, maupun daur materi.
  5. Kesuburan tanah berkursng, Pembuangan pencemaran ketanah tentunya dapat mengakibatkan kesuburan tanah berkurang sehingga produktivitas tanah pun jadi berkurang.
  6. Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Linkungan Hidup, Dari UULH No.23 tahun1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup pada pasal 1 ayat (1) dan (2)  member makna bahwa pengelolaan lingkungan hidup diorientasikan pada tiga hal penting , yaitu :
    a. Pengeloalaan terhadap lingkunagn yang didalamnya
    terdapat unsure-unsur sumber daya alam sebagai objek,
    b. Pengelolaan terhadap proses-proses yang berlangsung
    selama pemanfaatan sumber daya lingkungan, dan
    c. Pengelolaan manusia sebagai subjek dalam pemanfaatan
    sumber daya lingkungan.

Pelaksanaan pendekatan pengelolaan lingkungan diatas, selaian harus dilakulakukan secara terpadu, juga juga harus melibatakan berbagai pihak yang terkait untuk melakukan kerja sama yang baik dan terkoordinasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s